Saturday, 23 October 2010

+ All about Galaksi Andromeda




Andromeda GalaxyGalaksi Andromeda dengan nama lain Messier 31, M31, atau NGC 224galaksi di luar galaksi Bima Sakti yang dapat dilihat dengan mata telanjang, asalkan dilihat pada malam yang cerah, tanpa bulan dan tanpa polusi cahaya. Strukturnya mirip dengan galaksi Bima Sakti yaitu berbentuk spiral. Jaraknya sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Letaknya di langit adalah di belahan langit utara, sekitar 41 derajat di sebelah utara khatulistiwa langit, baik diamati sekitar bulan September, Oktober, November.
Dengan mata telanjang, galaksi ini nampak seperti kabut tipis kecil di langit utara, tapi jika diamati dengan teropong yang dapat menampakkan bintang bintang redup di tepian galaksi Andromeda, ternyata ukuran Andromeda bisa lebih dari 7 kali diamter sudut bulan. Galaksi ini berisi sekitar 1 triliun bintang, dan bergerak mendekati Bima Sakti dengan kecepatan sekitar 300 km/detik. adalah salah satu



Mosaik terdiri dari 330 gambar individu meliputi wilayah dengan lebar 200.000 tahun cahaya. Di dalamnya menunjukkan sekitar 20.000 sumber, didominasi oleh panas, bintang-bintang muda dan bintang padat cluster yang kuat dan memancarkan sinar ultraviolet.
Galaksi Andromeda tampaknya membesar dengan menelan bintang-bintang dari galaksi lain, demikian hasil penelitian.
Ketika sebuah tim ilmuwan memetakan Andromeda, mereka menemukan bintang-bintang yang mereka katakan merupakan “sisa-sisa galaksi kerdil”. Para Astronom melaporkan temuan mereka di jurnal Nature.
Mengonsumsi bintang-bintang sudah pernah diperkirakan sebelumnya namun tim survei ini menyediakan rincian gambar untuk menunjukkan hal itu terjadi. Gambar itu menunjukan “model hirarkis” pembentukan galaksi sedang berjalan.
Model itu memprediksi bahwa galaksi besar akan dikelilingi sias-sisa galaksi lebih kecil yang mereka konsumsi. Kalangan ilmuwan memetakan pinggiran Andromeda secara rinci untuk pertama kali.


Galaksi Andromeda makanin bintang2

Galaksi Andromeda tampaknya membesar dengan menelan bintang-bintang dari galaksi lain, demikian hasil penelitian yang dilaporkan dalam Jurnal Nature, seperti dikuitp BBC, Kamis (3/9).

Ketika sebuah tim ilmuwan memetakan Andromeda, mereka menemukan bintang-bintang yang mereka katakan merupakan "sisa-sisa galaksi kerdil".

Mengkonsumsi bintang-bintang sudah pernah diperkirakan sebelumnya namun tim survei kali ini menyampaikan rincian gambar untuk menunjukkan hal itu benar-benar terjadi.

Gambar itu menunjukan model hirarkis pembentukan galaksi sedang berjalan. Model itu memprediksi bahwa galaksi besar akan dikelilingi sias-sisa galaksi lebih kecil yang mereka konsumsi. "Ironisnya, pembentukan dan penghancuran galaksi itu berjalan seiring," kata Scott Chapman dari Universitas Cambridge. "Kalangan ilmuwan memetakan pinggiran Andromeda secara rinci untuk pertama kali."

Pauline Barmby, astronom dari Universitas Western Ontario yang terlibat dalam studi ini, mengatakan bahwa pola orbit bintang itu mengungkapkan asalnya. "Andromeda begitu dekat sehingga kita dapat memetakan semua bintang," katanya.

Andromeda, yang diperkirakan berada di jarak 1,5 juta tahun cahaya dari bumi, masih terus membesar.

Bahaya nih gan kalo makin besar makin deket ama galaksi kita brarti ntar pas tabrakan galaksi kita kalah donk

Lagi makanin bintang gan




Ultraviolet galaksi andromeda

Gambar ini diambil oleh teleskop onboard NASA satelit Swift pada 17 September 2009, pemandangan yang menakjubkan ini merupakan gambar resolusi tertinggi yang pernah dibuat dari Andromeda Galaxy (M31 alias) – pada panjang gelombang ultraviolet.

Mosaik terdiri dari 330 gambar individu meliputi wilayah dengan lebar 200.000 tahun cahaya. Di dalamnya menunjukkan sekitar 20.000 sumber, didominasi oleh panas, bintang-bintang muda dan bintang padat cluster yang kuat dan memancarkan sinar ultraviolet.

Kita tahu, Galaksi Andromeda adalah galaksi spiral besar yang terdekat dengan Bima Sakti kita sendiri, mempunyai jarak sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Walaupun manusia banyak menemukan hal-hal baru mengenai astronomi, tetapi itu diperkirakan hanya 4 % kehidupan jagat raya ini.




1 comment:

  1. subhanallah ......
    bukti kekuasaan Allah swt ....

    ReplyDelete

silahkan meninggalkan komentar anda disini, terima kasih..