Friday, 8 April 2011

+ 6 alasan ANDROID lebih bagus daripada BlackBerry




Pada kenyataanya telah banyak yang meninggalakan BlackBerry dan pindah ke ponsel Smartphone Android. Hingga kini Android semakin meningkat dengan jumlah aktivasi 1,5 juta per harinya. Sedangkan nasib berbanding terbalik di alami Blackberry yang marketsharenya merosot tajam terlempar dari 10 besar vendor dunia yang menyebabkan kondisi perusahaan yang hidup segan mati tidak mau. Hingga kini menurut data IDC per Juli 2013 market share Blackberry tinggal 2,9% turun sangat jauh dari masa jayanya dulu ketika masih di angka 45%. sedang Android jelly bean murah kini makin menggurita di angka 80%, artinya 8 dari 10 orang di dunia ini memakai android sebagai smartphone pilihannya. Ada banyak sekali alasan kenapa bisa seperti itu, tapi di sini kami berikan enam alasan utama kenapa meninggalkan BlackBerry untuk Android bukanlah hal yang salah.


1. Performance

-BlackBerry: biasa saja standard hp berbasis java lainnya. kadang terjadi phone-hang yang mengharuskan Anda mengeluarkan baterai dari tempatnya dan yang paling menyebalkan adalah proses re-boot: 3-8 menit!

- Android: Sangat cepat. Belum ada keluhan tentang phone-hang yang mengharuskan baterai keluar dari tempatnya, kecuali jika ingin ganti SIM card. Proses re-boot berlangsung cepat.



2. Baterai

- BlackBerry: umur baterai BB terbilang boros walau cuma menggunakan layar kecil dan aplikasi sedikit. padahal BB tidak banyak melakukan proses tasking berbagai aplikasi seperti pada Android.

- Android: tergolong boros, tapi kadang bisa sampai satu hari. Tapi harus diingat bahwa ponsel Android memakai baterai untuk BANYAK hal. Contohnya jika Anda memakai ponsel Android untuk brwosing web atau nonton video sampai 1 jam, pastinya itu membutuhkan daya baterai lebih. Dan, bisakah BlackBerry melakukan hal yang sama selama itu?



3. Email

- Blackberry: email pada BB memang menjadi andalan RIM. kompresi email agar menjadi ukuran lebih ringan adalah keunggulan BB. tp disisi lainnya email bb sangat terbatas terutama soal ukuran. anda tidak akan bisa menerima email di bb dengan ukuran diatas 3mb. sedang android jangankan 3mb, 3 GB pun bisa lancar terkirim.

- Android: apa yang Anda ragukan dari Gmail buatan Google yang dijalankan pada Android yang juga buatan Google? Dan paket internet android tidak semahal blackberry yang harus bayar biaya BIS tiap bulan.



4. User Interface (UI)

- Blackberry: membosankan, done.

- Android: Anda bahkan tidak akan merasa lelah untuk menjelajah setiap sudut ponsel Android. Dijamin. mau diubah bentuk mirip tampilan os apapun android bisa. hal ini karena dasar android adalah full costumize.



5. Web Browsing

- Blackberry: sangat melelahkan, Anda harus mengakui itu. hanya muncul jam pasir kalo buka web di bb.

- Android: disinilah letak kelebihan Android. Android menjadi pemenang jika dibandingkan dengan semua mobile OS. Jika membandingkan web browsing pada Android dengan BlackBerry, seperti siang dan malam saja. Jauh berbeda.



6. Aplikasi

- Blackberry: Aplikasi di blackberry sungguh sangat memilukan. hal ini terutama di BB os7 kebawah yang cuma berbasis java murni. sedang bb os10 cuma menggunakan aplikasi porting android.

- Android: Semakin banyak aplikasi yang dulunya hanya ada di iOS, kini sudah ada versi Android-nya. Pesaing sebenarnya dari Android adalah iPhone, bukan BlackBerry.



UPDATE

Kelebihan Blackberry:

Features

• System full backup/recover sebagian maupun sepenuhnya mempermudah user dalam membackup data2 penting
• Ketika mengganti unit blackberry baru, anda cukup menggunakan fungsi change device dan data-data penting beserta setting dan 3rd party software (jika compatible) tercopy dengan mudah ke device blackberry baru.
• Fungsi Autotext, anda tinggal mendefine keyword lalu mengasosiasikan dengan isi pengganti yang biasanya berisi text/character yang panjang, dan digunakan dengan mengetikan keyword, maka isi pengganti akan menggantikan keyword tersebut.

Multimedia
• Fungsi BBM (Blackberry Messenger) yang mampu membuat chatting kita nyaman dengan tidak hanya menyediakan fungsi chatt type, namun juga send type dan rekaman sebesar 10Kb – membantu sekali saat sedang tidak bisa mengetik pesan dan tinggal merekam ucapan sekitar 5 Detik dan mengirimkan kepada lawan chatt kita. Walaupun kini akhirnya BBM resmi akan hadir di android.


Security
• Dengan mengaktifkan fungsi password, dan jika terjadi kehilangan terhadap blackberry, pencuri yang salah memasukan password akan menghapus seluruh data (wipe) di blackberry anda-sehingga data penting anda tidak gampang diambil. feature firewallnya,sangat effective dalam memblock sms/mms/phone call yang tidak kita inginkan.

kelemahan blackberry:

Features
• Belum (hingga tulisan ini ditulis) mendukung conference call. tidak native membawa kemampuan untuk menerima dan mengirimkan fax (karena fungsi email+attachment harusnya dapat menggantikan hal ini).
• Fungsi rekaman native (voice recorder) berkemampuan jelek dan hanya mampu merekam 10 menit dan dalam format yang tidak umum (seperti mp3,wav dlsb), software pengganti belum banyak dan hanya VR+ dari shapeservice yang dijual cukup mahal (meskipun ada versi lite dengan keterbatasannya). pada blackberry qwerty,spell check yang membantu pengecheckan kesalahan ketik HANYA dapat berjalan jika selesai diketik semua. Padahal kesalahan ketik seharusnya dapat kita check saat melakukan pengetikan.

software
• Seluruh 3rd party software terinstall bersama pada memory internal, sehingga dengan memory internal (RAM) blackberry yang terbatas, tidak banyak software 3rd party yang dapat diinstall (terutama pada blackberry type lama), meskipun sudah tersedia software yang dapat memindahkan instalasi 3rd party software pada memory card – saat digunakan program 3rd party tetap di load di internal memory (RAM).


email
• Synchronisasi antara email di blackberry dan server, terutama untuk email yang sudah kita delete di blackberry sering tidak bekerja dengan baik, sehingga sering kali email yang sudah kita delete di blackberry dan kita purge serta reconsile (dari menu Reconsile), tetap tertarik di mail client PC/Laptop kita, tentunya hal ini menjengkelkan karena kita harus memeriksa kembali mana email yang harus di delete kembali maupun yang tidak kita delete di blackberry untuk kita arsipkan di mail client PC/Laptop kita. size file yang bisa dikirim dan diterima maximal hanya 2.9Mb

browser
• browser bawaan blackberry tidak sempurna menampilkan webpage ber-javascript dan animasi, bagi yang ingin menggunakan klikbca.com misalnya, harus menggunakan 3rd party software MiniOpera untuk mengatasi masalah ini.



Kelebihan Android

• Multitasking – Yups, ponsel Android bisa menjalankan berbagai aplikasi, itu artinya Anda bisa browsing, Facebookan sambil dengerin lagu.
• Kemudahan dalam Notifikasi – Setiap ada SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada notifikasi di Home Screen Ponsel Android, tak ketinggalan Lampu LED Indikator yang berkedip-kedip, sehingga Anda tidak akan terlewatkan satu SMS, Email ataupun Misscall sekalipun.
• Akses Mudah terhadap Ribuan Aplikasi Android lewat Google Android App Market – Kalau Anda seneng install aplikasi ataupun games, lewat Google Android App Market Anda bisa mendownload berbagai aplikasi dengan gratis. Ada banyak ribuan aplikasi dan games yang siap untuk Anda download di ponsel Android.
• Pilihan Ponsel yang beranekaragam - Bicara ponsel Android, akan terasa ‘beda’ dibandingkan dengan iOS, jika iOS hanya terbatas pada iPhone dari Apple, maka Android tersedia di ponsel dari berbagai produsen, mulai dari Sony Ericsson, Motorola, HTC sampai Samsung. Dan setiap pabrikan ponsel pun menghadirkan ponsel Android dengan gaya masing-masing, seperti Motorola dengan Motoblur-nya, Sony Ericsson dengan TimeScape-nya. Jadi Anda bisa leluasa memilih ponsel Android sesuai dengan ‘merk’ favorite.
• Bisa menginstal ROM yang dimodifikasi – tak puas dengan tampilan standar Android, jangan khawatir ada banyak Costum ROM yang bisa Anda pakai di ponsel Android.
• Widget – benar sekali, dengan adanya Widget di homescreen, Anda bisa dengan mudah mengakses berbagai setting dengan cepat dan mudah.
• Google Service – Jika Anda pengguna setia layanan Google mulai dari Gmail, gMaps, G+, Youtube, Google Search, Hangout, Google Calender, Google Doc, Google Drive, Google Note, Google Translate, Google Now, Google Chrome, Blogger, dan lain2 maka anda akan merasakan integrasi yang mendalam di Android.



Kekurangan Android

Tak bisa dipungkiri disamping kelebihan tentu saja ada kekurangan dari sistem operasi Android ini.

• Iklan – Aplikasi di Ponsel Android memang bisa didapatkan dengan mudah dan gratis, namun konsekuensinya di setiap Aplikasi tersebut, akan selalu Iklan yang terpampang, entah itu bagian atas atau bawah aplikasi




61 comments:

  1. BB hanya untuk orang gaptek dan Alay.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lo tuh yang alay sok" an

      Delete
  2. jadi pengen punya android, tp gimana ya dg ke.AWET.an pulsa kita ya kalo pake android?

    ReplyDelete
  3. sante aja gan, kini banyak paket internet murah meriah..

    ReplyDelete
  4. org pelit yg pake BB

    ReplyDelete
  5. setuju..
    hidup Android

    ReplyDelete
  6. pakek unlimited bulanan..udah murah..jg online terus..kyak ane pake unlimited mingguan..

    ReplyDelete
  7. Android ane udah jadul, saatnya ganti android baru nih...

    ReplyDelete
  8. Menyenangkan..meskipun rela charging hp 1hqri 1 x...

    ReplyDelete
  9. explorasiny gak habis2..
    keren dah android

    ReplyDelete
  10. explorasiny gak habis2..
    keren dah android

    ReplyDelete
  11. android,bikin hidup lebih hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, hidup jadi lebih hidup

      Delete
    2. "ANDROID" Your my everything

      Delete
    3. Bb gw jual....sekarang w ganti android dunia web tampa batas....bb lama klmaan bikin bt ....nyata

      Delete
  12. punya recomendasi hp apa yang bagus utuk android, samsung bagus gak yah..?

    ReplyDelete
  13. Android mmng yg pling ok...

    ReplyDelete
  14. w luph android no BB
    hdup android

    ReplyDelete
  15. satu komando ...hidup android ..<3

    ReplyDelete
  16. kelemahan android bisa diatasi..... jika terus menerus pemakaian datax bisa mngunakan droidwall aplikasi ini bisa mnjadikan android memblokir pemakaian data yg tidak perlu jdi gampang tidak risau dn yg iklan yg mncul disetiap apliksi bisa di blokir mngunakan aplikasi adfree ... android best

    ReplyDelete
  17. Hidup android....
    Aplikasi apa saja ada di android.......
    I like it android

    ReplyDelete
  18. Androidd....mantul...mantapph betull

    ReplyDelete
  19. setujuuu.
    Pesaing iphone adalah android.bkn blackberry.
    Kl soal bbm'an,kan udah ada whatsapps (android),ato facetime (iphone) yg lbih seru

    ReplyDelete
  20. Klo mau ngalay2 maen game yah pilih android.. Klo mau berbisnis terhubung dgn mudah dgn networking banyak org ya pake bb

    ReplyDelete
    Replies
    1. orang bisnis itu musti cabut batre tiap hari ya?? jadi bisnisnya kacau kl musti cabut batre dan pending. urusan komunikasi android lebih unggul, bisa video call dan messenger tidak pending anti cabut batre pula.

      Delete
    2. Sok tau semua 2 org di atas ni

      Delete
    3. gak kenal sama yang namanya powerbank yaaa? semua jenis smartphone juga pasti abis batrenya.. (eh, gue bingung maksud lu apa cabut batre tiap hari?) jangan kayak orang susah deh, apa org gaptek belaga ngerti... hihhihihi... buat hard restart gak perlu cabut batre juga bisa...

      Delete
  21. Bb hanya buat orang yg sbnrnya gk tau perkembangan tekhnologi alias gaptek. buktiin aja.!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw udah buktiin dan ternyata elo yg gaptek

      Delete
  22. Yg hina BB, malu2in aja lo smua.

    ReplyDelete
  23. kalo masi anak sekolah, bagusan pake bb apa android y??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masih sekolah, pake hp yang normal2 aja ya, kalo mau pake bb or android ya terserah. tapi gunainnya jgn sampe ganggu kewajiban sbg pelajar. jangan jadi bb freak keliling socmed, update status or dll aja yg dipake (bb bisa buat presentasi, nyimpen data pelajaran itu bgus buat pelajar). Kalo pake android juga sm jgn keliling socmed aja, maen game gak kenal waktu, or dll yg jadi android freak.
      Intinya mau pake bb or android or iphone mungkin, jgn kebablasan yaa,malah jadi ansos sm kehidupan real, sm org2 terdekat terlebih keluarga.

      Delete
  24. Android Aja Kan Aplikasinya Beragam Pasti cocok deh....

    ReplyDelete
  25. Android is my everything dahhh......
    Jd lupa sm org skitar klo udh sm my android..... Hehe

    ReplyDelete
  26. kalo smartfen andro max u sama android samsung yang harganya kisaran 1-2 jt bagus mana kak?

    ReplyDelete
  27. Sejak kapan android sangat cepat dari bb LoL LoL ngakak ngakak ngakak gedubraaak ngakaks ngakak LoL LoL tong android itu masih pakai jaringan internet operator provider tong tau ndiri ajaringan internet operator2 indonesia terlemot se asia,,,sedangkan blackberry pakai jaringan internet sendiri tong yg cuma di pakai bb sendirian

    ReplyDelete
  28. Nah ini baru fakta hehehee

    Agan2 tante2 jawab ini neh kereen :D/> http://
    id.answers.yahoo.com/question/index;_ylt
    =Ao
    r9Uo1aWqJJWMDEIIme5HeLUiQ5;_ylv=3?/>
    qid=201305102306
    08AAAwShT
    kenapa
    OS QNX bb10 dan OS
    sailfish bisa/> jalankan aplikasi2 android??
    Sedangkan
    android
    tidak bisa jalankan
    aplikasi2
    Bb10 dan sailfish???
    Apakah karna/> android itu bukan smartphone???
    Ada
    gak
    android yg lebih canggih dari hp2
    java??/> Lebih
    canggih java apa
    android????
    Kenapa
    android dan java
    sama2
    MURAH2,,bayangkan
    saja prosesor
    yg sudah
    quadcore aja harganya
    di
    bawah 2
    juta,,sedangkan kita tahu/> Bb,iphone dualcore aja
    harganya di
    atas
    Rp6juta
    Jika disuruh memilih
    diantara
    jenis2 feataure phone semacam hp2
    android dan java
    anda lebih memilih
    mana???
    Lebih
    murah feature phone
    jenis2 android apa java yg
    mana lebih
    murah??

    ReplyDelete
  29. bner bget. Di luar ngeri ma, bb dah g trpakai, yg di pake y android. Cuma yg gaptek n g tw info aj tch yg gya gyaan pake bb! Hahahaha!. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, masa sih? situ gak mampu kali beli bb bagus (kalo cuma 1-2 juta dong yg mampu mah standar). kalo lu punya punya budget diatas 6 juta gue yakin yg lu pilih beli ios bukan android (melihat lu yg udh antipati terhadap bb) hihihihihi....

      Delete
  30. Kalo menurutku tergantung selera deh,soalnya aku pake android n blackberry dan keduanya punya kelebihan masing-masing..

    Jadi keduanya sama-sama bagus tergantung tipe HPnya.

    ReplyDelete
  31. Android aplikasinya KERENN

    ReplyDelete
  32. Masih bingung harus pakai yg mana.. Klo sy si yg penting krm video sm foto anak lancar untuk suami yg krjnya jauh.. Mending pake apa donk bb/andro? Please sarannya..

    ReplyDelete
  33. Hmm,kalau menurut saya tiap HP dan OS di HP kan beda-beda. Jadi kelemahan sama kelebihan beda. Yang jelas gak ada yg 100% sempurna ya. BlackBerry tidak sepenuhnya jelek,jika dioperasikan dengan benar tentunya,tidak percaya ? Saya buktinya. Dan Android juga cukup baik,karena saya juga pakai. Cepat atau lambat koneksi tergantung dari kartu SIM dan HP. Semisal saja pemakai banyak pemakai BB yang pakai I-Sat pastilah lemot. Ditambah dengan pengoprasian memori,kalau kinerja memori besar pasti lemot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju deh sm kamu,bb dakota gue gak ada masalah, kalo koneksi bener kata lu tergantung provider.untungnya kapasitas memori gue besar, jadi smpe skrg masih wus,wus,wus. Dulu gemini 3g sering jam pasir (kayaknya krn udh umur sm udah padet bgt isinya).

      android gue juga gak ada masalah, (gue pake htc (htc legend, *skrg harganya turun deh, mau ganti tapi sayang ahh...)menurut gue pribadi htc gue masih kereen kok (tergantung pemakai yaak, gue gak tau kalo pengguna htc lain yg makenya juga udh lumayan lama).

      dua-duanya gue gunain aktif (tp tidak hyper) gue bkn tipe orang yg menenggelamkan diri pd gadget. fine-fine aja tuh... gak ngerasa kalo bb lebih canggih dr android or sebaliknya, karena memang kebutuhannya beda.

      ps: buat yg baca komen2 gue disini, pasti dikira gue bb freak (krn terkesan ngebelain bb) fyi, gue bkn bb freak, gue juga pengguna android. Cuma gak suka aja sama komen2 yg sotoy or malah berlebihan (berlebhan menjatuhkan dan berlebihan memuji). Aneh...

      Delete
  34. entah bb apa android
    SEMUA BAGUS KOK
    ane punya dua''nya
    so,, jgn hina pengguna BB
    fuck....

    ReplyDelete
  35. Gw pake 22 nya
    Yg nghina bb blum pnah make tuh dasar sok" an
    Ada klebihan msing" diantara kduanya

    ReplyDelete
  36. Baru beli android murahan aja belagu , sok-sok an njelekin BB
    Kalo compare tu yg seimbang jangan s3 lo vs in gemini ya jelas kalah, cari yg seimbang
    Gw pake bb n android banter" aja tuh
    Reboot bb aja cuma 2mnit
    Gapercaya beli z10 buktiin sndiri

    ReplyDelete
  37. masalahnya ini yg di compare buat android apa ya? jujur aku ada 3 gadget berbasis iOs, Java(bb), dan Android, tp yg android aku udah ga pake, karena kalo aplikasinya udah di kill, datanya ga realtime, coba deh compare in android(ga tau apa yg paling mahal) yg paling mahal, iOs mobile(iPhone5) yg paling mahal, dan BB(Porche Design) yg paling mahal, biar gak berat ke bb aja. be Smart, jangan kalah sama Smartphone nya.

    ReplyDelete
  38. Hehe lucu2 komenya,,aku juga pake kduanya karna masing2 ada kekurangan kelebianya tp android cm buat pelengkap aja,,yang jelas buat momunikasi tetep bb tp buat brosing jelajah internetan make android soale hrg murah tp bisa cepet buat internetan,,aplikasi chating bbm blackberry androId ga bakal bisa ngalahin sampe sekarang,ibarat mau pake watsapt lemot jg jelek atau aplikasi chat sejenisnya nya ga secepet kalo bb(BBM),,intine android tu cm enak buat jelajah internetan aja ,paling sm buat game or aplikasi2 neko2 yang ga penting2 itu,dan hrgne terangkau,, cocoknya buat anak2 SD,Smp tu hp kalo udah gede dikit sma kulyah ya iphone lahh dah gak jaman android lagii,,malu2in yang jelas,,,pada beli android karna hpnya hrgne murah2 sudah bisa akses internet kenceng aja,,gmn enggak orang mau buat beli bb yang akses internetnya kenceng harus Minimal Z10,,hehe jadi intine android hanya buat pilirian. Aja karna belum cukup dana untuk beli bb Z10 atau iphone 5 hahaha

    ReplyDelete
  39. Aduuh.. Kenapa sih mesti ngejelekin ponsel lain.. Emang situ pd udh buktiin klo bb itu lemot? Nah, letak alay nya dmn? Apa cuma karna dengerin org lain berkomentar trus malah latah menghina org yg gunain Ьb? Atau karna sirik? Lemot atau gak nya itu ya tergantung provider yg di pake. Cuma karna kelebihan yg gak seberapa aja sombong banget. Aku jg pake andro ama bb kok. Dan slama ini Ьb aku aman2 aja. Gak perlu jg donk buka2 batre segala. Zaman udh canggih, smartphone di ciptakan bukan untuk saling menjatuhkan pengguna lain. Tapi untuk mempermudah penggunanya. Nah, nyatanya.. Di luar negri pengguna andro melambung karna apa? Karna MURAH. Gak pernah aku dnger karna mereka gak gaptek maka nya gunain andro. Klo ngaku nya pengguna smartphone yg tercanggih, harusnya yg gunain mesti lebih smart donk dari ponselnya. Kok malah ngomongnya kaya gtu. Ngata2in org. Emang situ udah kebagusan? Setiap ponsel canggih selalu di sertai kelebihan dan kekurangan. Hanya org tolol yg ngatai blackberry ketinggalan zaman, hanya untuk orang alay, mikir donk, mana ada pabrik yg ciptain ponsel yg gak layak di produksi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, gue juga pake keduanya, fine-fine aja...
      kayaknya yg ngehina bb gak mampu beli bb apalagi beli bb bagus. BB pasarnya segmnted? iyalaaah, no alay (ehhh, tergantung yg make, hihihi).

      Android juga bagus, tapi marketnya terlalu luas, bisa didapetin dgn harga yg sangat murahhh, makanya banyak pengguna andoid yang alay. (harusnya yg alay bin norak, udah dikasih kemudahan buat memiliki smartphone, jadi smart dong, jgn tetep alay aja) harusnya status alaynya berubah krn punya android, jangan androidnya jadi dibikin alay dooong. Gara-gara user sotoy, punya smartphone malah makin noraaaak.

      Delete
    2. android laris karena murah?? ah ketauan ente ga pernah update berita tekno. android yg paling mahal lah yg laris di luar seperti sgs3 laku 60nit, sgs4 dah laku 20jt unit, htc one laku 10jt unit. lah BB?? semahal2nya bb tetep aja cuma bisa buat chating doang. buka email ukuran 1gb mana bisa tu bb. buka ms office (asli bukan kingsoft) mana bisa. mana bisa bb buat maen game2 psx dan psp kayak android,bb aplikasi minim, ui jelek dan monoton, browser super lelet, boros batre walau layar imut dan burem. kenapa disebut gaptek?? krn yg beli bb bayar barang jelek minim kemampuan dan berbasis java dengan harga ga normal. orang2 yg dah melek teknologi kyk diluar mana mau beli hp dengan teknologi th 90an kayak bb.

      Delete
  40. PEPESAN KOSONG DI REBUTIN....HADEEH

    ReplyDelete
  41. Brangakat dri rmah rencana Beli BB,, sampai di toko jadi beli android,, karena dapat pencerahan dari teman,,

    ReplyDelete
  42. gondes semua ih dasar cabe sama terong

    ReplyDelete

silahkan meninggalkan komentar anda disini, terima kasih..