Thursday 13 January 2011

+ Hobi Laki-laki Yang Bikin Kantong Jebol




Di zaman yang sulit ini, Agan-agan khususnya sebagai laki-laki (nantinya sebagai kepala keluarga) dituntut untuk lebih cermat lagi dalam membelanjakan uang/harta kita miliki. Agan-agan tidak boleh egois hanya demi memenuhi keinginan dan kesenangan pribadi dan melupakan kebutuhan keluarga. Oleh karena itu marilah kita elaborasi kebutuhan-kebutuhan apa saja yang bikin kantong agan-agan jebol. Hal ini dimaksudkan supaya agan-agan lebih arif lagi dan tidak berlebih-lebihan dalam hidup.

1.Rokok

Tak bisa dipungkiri bahwa rokok adalah candu bagi penikmatnya dan sebagian besar perokok adalah kaum adam. Selalu ada yang kurang jika tidak menghisap asap tembakau setiap harinya. Bahkan bisa dibilang merokok adalah “ritual” sehabis makan atau saat minum teh/kopi. Istilahnya kurang afdol tanpa “klepas-klepus”yang menemaninya. Yang lebih extreme lagi ada anggapan “mangan ora mangan sing penting udud” (makan ga makan yang penting merokok). Tapi coba agan bayangkan pengeluaran untuk memenuhi hasrat merokok. Anggaplah tiap hari merokok 1 bungkus rokok. Tiap bungkus taruhlah harganya Rp.10.000,-. Maka dalam seminggu duit yang harus dikeluarkan Rp.10.000 x 7hari = Rp 70.000,-. Dalam sebulan Rp.70.000 x 4minggu = Rp. 280.000. Dalam setahun ya tinggal dikalikan 12 bulan. Itu baru 1 bungkus. Padahal banyak “smokers” yang menghabiskan > 2 bungkus rokok tiap harinya. Ya tinggal mengkalikan aja...


2.Otomotif

Membeli motor/mobil yang keren atau mendandani kendaraan tersebut supaya lebih ciamik dari sisi tampilan maupun mesin merupakan hobi yang mengasyikkan. Apalagi jika hasil karya kita dalam meng-customize kendaraan mendapatkan pujian dari keluarga,saudara,teman,bahkan orang yang belum kita kenal. Akan tambah semangat lagi kita me-Pimp My Ride kuda/kereta besi kita.Berarti semakin membengkaklah pengeluaran kita.


3.Mainan

Dalam diri setiap pria selalu ada sisi anak-anak didalamnya. Oleh karena itu jangan heran kalo agan-agan ngelihat bapak-bapak yang udah berkeluarga tapi masih main Remote Control, Air softgun, Gundam dan lain sebagainya. Dan biasanya laki-laki yang sudah bekerja akan lebih loyal dalam membelanjakan uangnya membeli mainan yang menjadi kegemarannya. Karena dia merasa punya penghasilan sendiri dan tidak bergantung lagi pada orang tua. Ini yang perlu diwaspadai. Jangan sampai kalap dalam membelanjakan uangnya dan melupakan kebutuhan lainnya.


4.Gadget

Seiring dengan perkembangan zaman, maka semakin berkembang dan bervariasi pula gadget dipasaran. Semakin canggih gadget tersebut sudah barang tentu harganya akan mahal juga. Bagi gadget freak,mempunyai gadget keluaran terbaru (misalnya hp,console game,laptop) adalah wajib hukumnya. Selain supaya bisa tampil up to date dan stylish, mempunyai gadget terbaru juga sebagai perlambang status sosial di lingkungannya.


5.Fashion

Ternyata tidak hanya kaum wanita aja yang begitu memperhatikan fashion. Tetapi kaum adam pun ada/banyak yang memperhatikan penampilannya. Apalagi kalo jatuh cinta pada merk tertentu, bisa dibela-belain ngutang dulu supaya bisa dapat tuh barang. Dari kepala sampai ujung kaki kaki wajib mengenakan merk tersebut atau kalo tidak kolaborasi dari banyak merek. Biar dibilang anak gaooolllll gitu


6.Wanita

Sebelumnya ane mohon maap sista-sista semuanya kalo “wanita” ane masukin dalam list ini.
Benar sekali. Pria yang tergila-gila pada wanita atau istilah kerennya “crazy in love” akan memberikan semua hal yang dimilikinya. Baik itu waktu,tenaga, maupun harta. Celakanya lagi jika si wanita tersebut mempunyai hobi belanja a.k.a pemboros bisa dipastikan point 1-5 akan dikesampingkan demi memenuhi point 6 ini. Oleh karena itu pilihlah pacar/istri yang bisa mengatur dan mengelola keuangan. Supaya nantinya tidak terbelit hutang dan berimbas mengganggu keharmonisan keluarga

7.Game

Saat ini banyak sekali game online yang sedang digemari oleh para anak,remaja dan dewasa, mulai dari genre RTS (ex: Age of Empires), FPS (ex: Call of Duty,Point Blank), RPG (ex: DotA), dan masih banyak lagi. Ditambah lagi dengan menjamurnya game center diberbagai pelosok daerah. Tentunya hal ini dibuat untuk memanjakan para maniak game untuk terus bermain dan bermain. Bahkan sering dijumpai para maniak game ini sampai dibela-belain nginep berhari-hari hanya untuk main game online (sampai2 dicari orangtuanya). Duit habis buat main game dan beli vouchernya,lupa ibadah,lupa makan,dan lupa rumah.


8.Musik

Bagi anak band, musik ibarat darah,selalu mengalir di dalam tubuhnya. Bermain musik atau sekedar mendengarkan musik merupakan suatu keharusan dalam hidupnya. Beli cd/dvd ataupun mendownload lagu (walaupun bajakan ),beli alat musik yang udah standart, dan nyewa studio musik adalah pengeluaran yang mesti sudah dianggarkan. Belum lagi jika sudah ngefans dengan grup band tertentu maka akan membeli juga asesoris maupun marchendise yang berkaitan dengan grup band tersebut.Namun jika dicermati lanjut,hobi ini malah bisa menghasilkan uang. Istilahnya "mengkomersilkan hobi" misalnya tampil di cafe-cafe atau mall.


9.Dugem

Bagi masyarakat diperkotaan,dugem bisa dikatakan hobi,gaya hidup,sekedar refreshing. Tapi kalo dugem dijadikan rutinitas dapat menjadikan kantong bisa jebol dengan cara extreme. Belum lagi kalo udah dugem pasti beli minuman,makanan yang harganya jauh lebih mahal (pajaknya tinggi gan,dan itu dibebankan ke konsumen) dibandingkan beli di luar. Pokoknya bisa miskin mendadak deh kalo udah kecanduan dugem ini.


10.Pets

Mempunyai hewan peliharaan memang menyenangkan.Disamping dapat menghilangkan stress,merawat hewan peliharaan juga melatih pemiliknya mempunyai rasa kasih sayang dan tanggung jawab.Banyak pilihan dalam memilih hewan peliharaan misalnya burung,ikan,reptil dan sebagainya.Bagi pets lover pastinya mempunyai kriteria tertentu dalam menentukan hewan peliharaan yang akan diadopsinya misalnya keunikan warna,suara,kelangkaan dll.Dan sudah dipastikan agan-agan harus siap mengkocek saku lebih dalam lagi.


11. Olahraga

Olahraga bisa membuat seseorang tergila-gila dengannya, terutama sepak bola. Orang tersebut akan rela membeli pernak pernik apapun yang berkaitan dengan pemain atau klub favoritnya, mulai dari sepatu, kaos, pelindung kaki, stiker, dll. Apalagi sekarang tim bola dan pemaninnya doyan gonta ganti peralatan tiap tahun, dijamin kantong penggila bola makin jebol! Contoh: Sepatu bola F50 asli adidas milik Messi bisa mencapai harga 2 juta rupiah!




0 comments:

Post a Comment

silahkan meninggalkan komentar anda disini, terima kasih..