Tuesday 19 June 2012

+ Apple & Samsung Keruk 90% Laba Pasar Smartphone




Dominasi Apple dan Samsung di pasar smartphone masih sukar dipatahkan. Itulah hasil penelitian dari biro riset ABI Research yang mengungkap kedua vendor menguasai pasar ponsel cerdas saat ini.

Menurut ABI Research, 90% profit yang dihasilkan dari pasar smartphone global mengalir ke kantong Apple dan Samsung seiring larisnya penjualan keduanya. Namun tidak disebutkan berapa bagian masing-masing.

Untuk jumlah unit terjual pun, Apple dan Samsung juga berada di puncak dengan kombinasi penjualan mencapai 55%. Dalam kuartal pertama 2012, Samsung mengapalkan 43 juta unit handset dan Apple 35 juta unit.

Posisi berikutnya ada Nokia dengan 11,8 juta unit dan BlackBerry 11,1 juta unit. Berturut turut di tempat selanjutnya adalah Sony dengan 7 juta unit, Huawei 6,8 juta unit dan ZTE dengan 4,9 juta unit.

Nokia sendiri yang dulu berkuasa di segmen smartphone kehilangan banyak pangsa pasar karena masa transisi ke platform Windows Phone. Akibatnya, handset berbasis OS Symbian semakin menurun penjualannya.

"Nokia harus menumbuhkan bisnis Windows Phone sebesar 5.000% untuk menebus turunnya pengapalan Symbian," kata Michael Morgan, analis ABI Research yang di kutip dari AFP.



0 comments:

Post a Comment

silahkan meninggalkan komentar anda disini, terima kasih..