Tuesday 23 October 2012

+ Tips Merawat Komputer Saat Komputer Anda Berjalan Lambat




Kita semua tahu dan setuju bahwa tips merawat komputer merupakan hal yang wajib kita lakukan. Komputer merupakan bagian yang penting dalam kehidupan sehari-hari, dan jika kita tidak merawatnya dapat menyebabkan kerusakan di masa mendatang. Biasanya kita akan merawat komputer setelah terjadi keluhan atau kerusakan terjadi. Hal tersebut harus dihindari, oleh karena itu kita harus melakukan pencegahan sebelum terjadi kerusakan yang lebih fatal.

Anda bisa menjaga agar komputer selalu terlihat baru, apabila Anda memberikan perhatian dan merawat komputer dengan baik. Komputer akan berjalan lambat karena tidak dirawat secara benar. Oleh karena itu, berikut googeli menampilkan beberapa tips untuk merawat komputer saat komputer Anda berjalan lambat.

1. Perhatikan Pesan Perbaikan Komputer

Pesan yang memberitahukan ada kesalahan pada komputer, biasanya membingungkan Anda dan mungkin Anda akan mengabaikannya. Namun, jangan salahkan komputer Anda yang berjalan lambat jika Anda mengabaikan hal ini. Pesan ini memberitahukan bahwa ada yang salah dengan komputer Anda. Jadi, jika Anda tidak dapat meluangkan waktu untuk mencari tahu apa yang salah, Anda mungkin akan mendapati komputer berjalan lambat. Apabila Anda terlalu sering mengabaikan pesan-pesan tersebut, maka semakin banyak masalah dalam komputer Anda.

Semua hal tersebut dapat dihindari dengan perbaikan sederhana. Jika Anda ingin merawat komputer untuk menghindari komputer yang berjalan lambat, cara yang Anda harus lakukan cukup simpel. Perhatikan pesan dan kemudian perbaiki kesalahan yang ada, dengan mengikuti petunjuk pesan tersebut. Alhasil, Anda tidak akan dijejali pesan terus-menerus.

2. Hapus Program yang Tidak Dipakai

Teorinya, program yang tidak digunakan tidak akan terlalu berimbas pada komputer Anda, karena mereka hanya mengambil kapasitas penyimpanan saja. Tetapi, terlalu banyak program yang tidak terpakai, dengan berbagai fitur dalam komputer Anda, akan melambatkan kinerja komputer. Sebagai contoh, beberapa program yang tidak terpakai akan menginstall program tambahan saat komputer Anda dinyalakan. Setiap program tersebut akan menggerogoti sedikit demi sedikit memori dan juga CPU komputer Anda.

Jika program tersebut hanya sedikit, hal itu dapat dimaklumi. Tetapi apa yang terjadi jika jumlahnya banyak? Progam yang tak terpakai dengan jumlah banyak ini akan melambatkan kinerja komputer Anda. Solusinya? Uninstall program yang tidak terpakai oleh Anda. Pergi ke menu Control Panel, buka Add/Remove Programs, pilih program yang tidak Anda pakai, kemudian klik Remove. Setelah Anda menghapus program yang tidak terpakai, reboot komputer Anda untuk membersihkan sisa-sisa program di komputer.

3. Defragment

Fragment adalah bagian file yang terpisah-pisah, sedangkan defragment adalah proses untuk menggabungklan file yang terpisah tersebut sehingga mudah untuk diakses. Satu hal yang dapat menyebabkan file-file tersebut terpisah adalah adanya file yang dikompres. Hal ini yang paling berpengaruh pada terjadinya fragment. Jadi, hindari untuk melakukan proses compress drive.

Fragment akan menjadikan komputer berjalan lambat, karena dengan membaca fragmen, komputer Anda akan lama dalam membuka file. Untuk merawat komputer agar kinerjanya meningkat, Anda dapat melakukan defragment. Anda akan menemukan defragment pada menu Control Panel, kemudian Anda dapat melakukan defragment secara berkala, setidaknya setiap bulan.

4. Bersihkan Registry

Registry merupakan pusat database untuk pengaturan konfigurasi program adan informasi lainnya yang diperlukan oleh program. Windows melakukan registry ketika membutuhkan informasi mengenai bagian-bagian program. Masalah yang ada adalah Windows akan sangat sering dalam memeriksa registry setiap harinya, sehingga Anda harus membersihkan registry yang lama untuk meningkatkan performa komputer Anda. Untuk merawat komputer dengan membersihkan registry, Anda bisa menggunakan program registry cleaner yang bisa Anda unduh di internet.

5. Gunakan AntiVirus yang Cocok

Ketika Anda menyalakan komputer pertama kali, mungkin Anda akan takjub dengan kinerjanya. Namun, sewaktu Anda menginstall AntiVirus didalamnya, mungkin sedikit demi sedikit komputer Anda akan berjalan lambat. Setiap AntiVirus dapat menyebabkan komputer Anda berjalan lambat, oleh karena itu carilah AntiVirus yang cocok dengan spesifikasi komputer Anda. Jika AntiVirus Anda mengurangi kinerja komputer, jangan dilanjutkan untuk menggunakannya, carilah alternatif lain yang cocok dengan komputer Anda.



1 comment:

  1. bang kok downloadnya file nya susah shii ???
    aku download malah yang laen keluarnya

    ReplyDelete

silahkan meninggalkan komentar anda disini, terima kasih..