Wednesday 2 January 2013

Sejarah Sistem Operasi Windows, Dari Windows Pertama Hingga Windows 8




Siapa yang tidak kenal sistem operasi Windows? Ya, sistem operasi komputer besutan Microsoft ini memang merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, baik versi original maupun versi bajakannya.

Namun pastinya hanya segelintir dari banyaknya pengguna tersebut yang mengetahui sejarah sistem operasi Windows dari pertama kali dirilis hingga yang terbaru Windows 8 di tahun 2012 ini. Berikut ini adalah sejarah sistem operasi Windows beserta evolusinya dari masa ke masa.

Windows 1

Sejarah sistem operasi Windows Googeli77 mulai dari tahun 1985 di mana Microsoft meluncurkan sistem operasi pertamanya yang diberi nama Windows 1. Sistem operasi Windows 1 yang dirilis pada tanggal 20 November 1985 ini adalah sistem operasi yang pertama kali memperkenalkan teknologi multi-tasking pada PC, sehingga pengguna komputer dapat membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu.

Windows 1 hadir dengan tampilan sangat sederhana berbasis 16-bit, namun pada tahun 1985, komputer dengan sistem operasi pertama besutan Microsoft ini adalah salah satu komputer paling canggih.

Windows 2

Berselang 2 tahun sejak peluncuran Windows 1, atau tepatnya pada tanggal 9 Desember 1987, Microsoft kembali mencetak sejarah sistem operasi Windows dengan merilis sistem operasi Windows 2. Meski masih tetap menggunakan teknologi 16 bit, namun sistem operasi ini sudah memiliki fitur baru berupa maximize dan minimize untuk memperbesar dan memperkecil tampilan aplikasi.

Windows 2.1

Sesuai namanya, sistem operasi Windows 2.1 adalah versi update dari Windows 2. Perbedaan sistem operasi ini dibandingkan dengan pendahulunya adalah Windows 2.1 memerlukan harddisk agar bisa berjalan, dimana pada Windows 2, sistem operasi masih berjalan menggunakan Floppy Disk. Sejarah sistem operasi Windows mencatat bahwa Windows 2.1 dirilis pada 27 Mei 1988.

Windows 3

Microsoft mencanangkan perubahan total pada sistem operasi besutannya mulai di Windows 3 ini. Tidak tanggung-tanggung, seluruh tampilan yang ada pada sistem operasi Windows sebelumnya dirombak secara besar-besaran sehingga menghasilkan tampilan yang user friendly. Sistem operasi yang dirilis pada 22 Mei 1990 inilah yang kemudian menjadi awal mula kesuksesan sistem operasi besutan Microsoft ini.

Windows 3.1

Sejarah sistem operasi Windows kembali berulang, kali ini Windows 3.1 dirilis sebagai versi update dari Windows 3 yang mana mengulang versi Windows 2.1. Beberapa perubahan yang diusung sistem operasi yang dirilis pada 6 April 1992 ini antara lain tampilan yang lebih bagus, adanya File Manager, adanya Program Manager, adanya fitur multimedia untuk memainkan video, serta sudah mendukung 32 bit disk access.

Windows 95

Perkembangan sistem operasi Windows dinilai banyak pihak mulai mencapai puncaknya pada saat Windows 95 dirilis pada 24 Agustus 1995. Menggunakan arsitektur pemrograman 32 bit, sistem operasi ini mampu meraih puluhan juta pengguna diseluruh dunia.

Windows 98

Sistem operasi selanjutnya dalam artikel sejarah sistem operasi Windows ini adalah Windows 98. Sistem operasi ini menawarkan dukungan terhadap segala macam perangkat berbasis USB. Sesuai namanya, sistem operasi ini dirilis pada tahun 1998, tepatnya pada tanggal 25 Juni 1998.

Windows 2000

Microsoft kembali menamakan sistem operasinya dengan tahun rilis, yakni Windows 2000 yang dirilis pada 17 Februari 2000. Sejatinya, sistem operasi ini diciptakan khusus untuk kalangan bisnis, sehingga aplikasi yang terdapat didalamnya pun lebih berorientasi untuk bisnis, meski tetap dapat digunakan oleh pengguna komputer rumahan.

Windows ME

Sejarah sistem operasi Windows mencatat bahwa pada sistem operasi Windows ME-lah pertama kali ditemui fitur System Restore yang sangat berguna untuk memecahkan masalah sistem pada Windows. Sayangnya, fitur canggih tersebut tidak dibarengi dengan inovasi fitur-fitur lain.

Windows XP

Merupakan sistem operasi yang paling banyak dan paling lama digunakan sepanjang masa. Bahkan, hingga saat ini pun masih cukup banyak pengguna Windows XP yang enggan hijrah ke sistem operasi Windows yang terbaru. Windows XP dirilis pertama kali pada tanggal 25 Oktober 2001.

Windows Vista
Windows Vista adalah sistem operasi selanjutnya dalam artikel sejarah sistem operasi Windows ini. Entah karena memang fiturnya yang masih memiliki banyak bug atau semata karena kecintaan dan kesetiaan para pengguna Windows XP, sistem operasi Windows Vista yang dirilis pada 30 Januari 2007 ini dicap sebagai produk gagal.

Windows 7

Untuk menebus ‘kesalahan’ karena merilis Windows Vista, Microsoft pun akhirnya merilis Windows 7 pada 22 Oktober 2009. Sistem operasi inilah yang kemudian mampu membuat para pengguna setia Windows XP akhirnya mau hijrah setelah sebelumnya sangat enggan untuk meng-upgrade sistem operasinya.

Windows 8

Sistem operasi terakhir dalam artikel sejarah sistem operasi Windows ini adalah Windows 8 yang baru saja diluncurkan pada 26 Oktober 2012 lalu. Sistem operasi ini tersedia dalam 3 jenis dengan target perangkat yang berbeda-beda pula; Windows 8 untuk PC, Windows 8 RT untuk Tablet, dan Windows Phone 8 untuk smartphone.

Demikianlah sajian sejarah sistem operasi Windows dari googeli77. Sangat layak ditunggu perkembangan sistem operasi Windows selanjutnya di masa yang akan datang.




1 comment:

  1. Gan, Untuk Windows NT dan Longhorn mana sejarahnya? :D

    Sekalian dunkz, di mulai dari DOS (Disk Operating System) bisa di lihat dari Film "Pirate of Sillicon Valley", sama Perkembangan MS. Office. ;-)

    ReplyDelete

silahkan meninggalkan komentar anda disini, terima kasih..