Friday 3 August 2012

+ Canalys: Android Kuasai 68% Pangsa Pasar Smartphone Global




Menurut hasil analisis dari sebuah firma bernama Canalys, sistem operasi Android yang baru sekitar 3 tahun muncul ternyata telah menjadi sebuah fenomena global. Dari hasil hitungan Canalys, Android telah menguasai 68% pangsa pasar global dan bahkan lebih besar di sebagian wilayah di dunia, seperti China yang mampu menguasai pangsa smartphone sebesar 81%.

Canalys menuturkan bahwa pangsa smartphone global telah tumbuh 46,9% di kuartal kedua 2012 jika dibandingkan kuartal yang sama tahun 2011 lalu. Ada 158,3 juta unit Android yang dikirimkan pada kuartal lalu, naik dari 107,7 juta unit yang dikirimkan pada kuartal yang sama tahun 2011.



Kinerja Android ini mengungguli peningkatan smartphone global karena tumbuh 110% tahun-ke-tahun, namun masih di bawah Windows Phone yang mampu tumbuh 277,3% dari tahun ke tahun. Sayangnya, pertumbuhan Windows Phone sebesar ini dikarenakan jumlah unit yang kecil sehingga pertumbuhannya terlihat besar.

Kinerja terburuk ditampilkan oleh Symbian yang turun 64,6% dalam pengiriman dan menjadi hanya 6,4 juta unit. Sementara itu Blackberry juga mengalami penurunan 32,1% dengan pengiriman sebanyak 8,5 juta unit. Samsung merupakan pemimpin produsen smartphone dengan pangsa 31% disusul Apple, Nokia, HTC, dan RIM.



0 comments:

Post a Comment

silahkan meninggalkan komentar anda disini, terima kasih..