Tuesday 25 September 2012

+ Android Baru Saja Ulang Tahun Ke-4, Raih 1,3 Juta Aktivasi per Hari




Smartphone saat ini menjadi perangkat yang banyak dipakai. Salah satu sistem operasi yang populer dipakai untuk smartphone adalah Android, yang tercatat lahir 4 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 23 September 2008.

Tanggal 23 September 2008 adalah saat pertama kali Android Developers Blog mengumumkan rilis Android 1.0 SDK release 1. Pada saat itu juga sedang siap dirilis handset pertama Android yaitu T-Mobile G1. Sementara di sisi lain, Apple baru 2 bulan sebelumnya merilis Apple iPhone 3G. Pada saat peluncuran T-Mobile G1 sebulan kemudian, co-founder Android yaitu Andy Rubin mengatakan bahwa Android 1.0 lebih tepat adalah Android .8 dan memang dipaksakan meluncur untuk mengantisipasi musim liburan akhir tahun saat Natal.



Peluncuran T-Mobile G1 tidaklah berjalan sempurna. Belum ada papan ketik QWERTY virtual, pemutar video, ataupun kamera perekam video. Namun kemudian Android 1.5 Cupcake meluncur, diikuti perilisan Android 2.0 yang dianggap sebagai awal fenomena Android. Dengan diawali Motorola DROID, Android 2.0 akhirnya dianggap mampu menjadi sebuah smartphone yang bisa bersaing dengan Apple iPhone.

Sekarang Android telah sampai ke versi 4.1.1 Jelly Bean. Menurut IDC, Android bahkan telah menguasai pasar smartphone global hingga 68% di kuartal kedua tahun 2012 ini, salah satunya adalah Samsung Galaxy S III yang mampu terjual lebih dari 20 juta unit dalam jangka waktu 100 hari. Saat ini, ada 480 juta unit Android yang digunakan di seluruh dunia dengan 1,3 juta perangkat Android yang diaktifkan tiap hari.



0 comments:

Post a Comment

silahkan meninggalkan komentar anda disini, terima kasih..