Friday 2 November 2012

+ Android Jauh Tinggalkan Lawan-lawannya




Sistem operasi Android makin dominan menguasai jagat smartphone. Data terbaru biro riset IDC menunjukkan, Android menguasai 75% pangsa pasar smartphone global pada kuartal 3 2012.

Menurut IDC, 136 juta unit smartphone Android dikapalkan dalam kuartal tersebut. Jumlah ini adalah peningkatan 91,5% dari periode yang sama di tahun sebelumnya.




"Kombinasi dari vendor smartphone, operator mobile dan pengguna membuat pengapalan Android meninggi," tukas Ramon Llamas, analis IDC yang dikutip dari PCMag.

Sistem operasi iOS milik Apple masih menempati posisi runner up dengan pangsa pasar 14,9%. Kedatagan iPhone 5 yang sepertinya laris manis diprediksi akan memperkuat posisi iOS di kuartal mendatang.

Sedangkan BlackBerry menempati tempat ketiga dengan pangsa pasar 4,3%, menurun dari tahun sebelumnya yang sebesar 9,5%. Berturut-turut kemudian Symbian dengan 2,3% diikuti Windows Phone dengan 2%.

Menurut IDC, Windows Phone punya potensi untuk menaikkan pangsa pasarnya di kuartal depan. Ini seiring kedatangan berbagai handset Windows Phone 8 di pasaran.





0 comments:

Post a Comment

silahkan meninggalkan komentar anda disini, terima kasih..