Monday 12 November 2012

+ Data Canalyst: Jumlah Pengapalan Smartphone Nokia Bahkan Kalah dari Lenovo




Data dari International Data Corporation (IDC) yang dirilis di akhir Oktober lalu menyatakan bahwa Nokia turun dari 5 teratas vendor smartphone pada kuartal ketiga tahun ini. Jika ditilik dari riset yang sudah bertahun-tahun dilakukan IDC, inilah pertama kalinya Nokia keluar dari posisi 5 teratas.

Kini data dari Canalyst menunjukkan hal serupa. Di peringkat vendor smartphone mereka pada kuartal 3 tahun ini, Nokia bahkan mengapalkan smartphone dengan jumlah yang kalah dari Lenovo. Padahal vendor asal China ini nyaris tidak eksis di luar pasar benua Asia.

Nomor satu tidak mengejutkan, yakni Samsung dengan angka 32 persen diikuti Apple dengan angka 15,5 persen. Menariknya, berbeda dari data IDC, Sony berhasil masuk peringkat ketiga, dengan penjualan 8,8 juta unit membuat pangsa pasar mereka mencapai 5.1 persen. Tempat keempat HTC (4,8 persen) diikuti RIM (4,2 persen).

Di mana Nokia? Setelah RIM di posisi kelima, masih ada LG, ZTE, Huawei dan Lenovo. Jadi Nokia nangkring di urutan 10 vendor smartphone terbesar. Cukup menyedihkan nasib vendor yang di awal-pertengahan tahun 2000-an ini sempat jadi raja smartphone dengan Symbian OS-nya. Kita tunggu apakah semua akan berubah setelah Nokia Lumia 920 dan Lumia 820 sudah dirilis global.



0 comments:

Post a Comment

silahkan meninggalkan komentar anda disini, terima kasih..