Tuesday 6 November 2012

+ Hari ini, Kaskus Berusia 13 Tahun




Forum online terbesar Kaskus tepat hari ini menginjak usianya yang ke 13 tahun. Forum yang punya kepanjangan 'kasak-kusuk' itu awal kali diciptakan pada 6 November 1999 oleh tiga orang mahasiswa asal Indonesia yang mencari ilmu di Seattle, AS. Ketiga pendiri ini ialah, Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan.

Dalam perjalanannya yang ke 13 tahun, Kaskus juga sering dihadapkan pada sejumlah kendala. Pada Mei 2006, Kaskus yang awalnya beralamat di www.kaskus.com terpaksa harus berubah menjadi www.kaskus.us karena penyebaran virus Brontok yang menyerang situs-situs besar di Indonesia. Tak hanya itu, pasca pemulangan server dari AS, Kaskus dihadapkan pada UU ITE yang memaksanya membuang subforum khusus dewasa. Penamaan subforum lain juga diubah dan disesuaikan setelahnya. Selang dua tahun kemudian, Kaskus mengalami serangan DDoS yang menyebabkan database Kaskus menjadi korup dan tak bisa diakses. Akibat serangan tersebut, Administrator terpaksa mengunci thread yang ada dan Kaskus kehilangan hampir seluruh database-nya.

Menginjak tahun ke 13, Kaskus membuat gebrakan baru. Forum tersebut yang sebelumnya menggunakan domain .us kini kembali menggunakan domain .com dan .co.id. Untuk menanggulangi masalah yang sering terjadi, Kaskus merombak ulang mesin forumnya yang sebelumnya menggunakan vBulletin modifikasi. Forum tersebut kini resmi memakai 'wajah' baru dengan engine yang dibuat sendiri yang pada masa percobaan dikenal dengan nama 'Live Beta'.

Di tahun ini, Kaskus juga mulai aktif menjalankan rutinitas acara Kaskus The Lounge, sebuah acara 'kumpul-kumpul' yang membahas tema tertentu tiap bulannya. Acara ini juga mendapat minat tinggi dari para Kaskuser.

Kaskus yang juga dikenal sebagai forum jual beli online punya rencana baru. Setelah sebelumnya sudah terlebih dahulu meluncurkan sistem pembayaran KasPay, kini Kaskus bersiap meluncurkan fitur Store yang merupakan fasilitas jual beli online terbarunya.




0 comments:

Post a Comment

silahkan meninggalkan komentar anda disini, terima kasih..