Sunday, 9 December 2012

+ Perbedaan Microsoft Office 2013 dan Microsoft Office 2010




Sebelum merilis Office 2013, Microsoft telah mengeluarkan Office 2012 versi beta. Versi ini merupakan kelanjutan dari versi sebelumnya. Kemudian, secara resmi akhirnya Microsoft Office 2013 dirilis untuk menjawab tantangan kegiatan kantor. Pada produk terbarunya ini, Microsoft menciptakan dua jenis Office yaitu Mirosoft Office 365 dan 2013.

Office 365 merupakan berbasis langganan dan memiliki layanan penyimpanan awan (Microsoft Cloud). Versi ini sepertinya cocok digunakan untuk perusahaan-perusahaan yang menggunakan Microsoft Office sebagai software operasional kantor. Untuk Microsoft Office 2013, versi ini merupakan versi umum pengguna. Kita tidak perlu membeli kedua versi ini untuk menjalankan Office 2013, cukup salah satu sesuai dengan kebutuhan Anda.



Untuk menikmati Office 2013, kita membutuhkan performa komputer yang cukup tinggi. Produk baru ini Cuma bisa dijalankan pada Windows 7 dan 8. Untuk versi Windows server, Anda paling tidak harus memiliki Windows Server 8 R2 atau diatasnya. Agar lebih jelas, mari kita lihat review dari produk terbaru Microsoft Office ini.

Microsoft Office 2013

Sepertinya keuntungan banyak didapat dari versi yang satu ini bila pemakainya untuk sekala kecil atau individu. Bila Anda merasa penting penyimpanan cloud yang besar lebih baik menggunakan 365. Untuk memperolehnya juga berbeda. Office 2013 hanya tersedia lewat DVD sedangakan 365, Anda akan diberikan link download dari Microsoft sekaligus lisensinya. Untuk 365, Anda bisa menggunakan 1 lisensi untuk 5 perangkat, Office 2013 hanya satu lisensi untuk satu perangkat.

Fiturnya dasarnya sama saja dengan Microsoft Office sebelumnya. Word, Exel, Outlock, Power Point (sepertinya ini tekter gantikan untuk urusan kantor). Hanya saja, pada produk yang baru ini, Microsoft lebih mengintegrasikan Officenya ke layanan cloud. Tampilannya juga dibuat sedemikian rupa agar nyaman digunakan pada perangkat yang menggunakan layar sentuh ataupun mouse.

Bila Anda membeli Office 2013, akan diberikan ruang penyimpanan gratis di SkyDrive sebesar 7GB. Untuk pembelian Office 365 ada bonus ruang penyimpanan gratis sebesar 20GB. Jadi, jika membeli Office 365 akan mendapat 27GB ruang penyimpanan gratis di SkyDrive. Bonus lainnya adalah panggilan gratis menggunkan Skype selama 60 menit setiap bulannya.

Peningkatan yang cukup signifikan pada versi terbaru ini adalah screen reading experience. Fitur ini menciptakan pengalaman yang nyaman ketika membaca sebuah dokumen. Dengan satu sentuhan atau klik, kita bisa memperbesar dokumen. Dengan sentuhan atau klik yang lain, mengembalikan ke bentuk semula. Fitur lainnya yang cukup menarik adalah mengakses dokumen secara bersamaan. Misalnya dalam satu presentasi, audience juga bisa ikut terlibat mengotak-atik slide yang ditampilkan seperti menambahkan garis, menambahkan angka, atau yang lainnya, tergantung kepada akses yang diberikan presenternya. Ini juga bisa berfungsi untuk mengerjakan satu dokumen dengan banyak orang. Tinggal perlu pembagian kerja saja.

Fitur baru lainnya adalah multi monitor. Ketika mengerjakan sebuah dokument yang membutuhkan grafik. Untuk menciptakan grafik yang lebih baik karena Anda bukan termasuk orang yang pintar membuat grafik, bisa memanfaatkan rekan dengan menggunakan aplikasi tambahan dalam membuat grafik. Dan ini bekerja secara realtime. Fitur-fitur seperti ini membuat tugas-tugas kantor semakin mudah dan dapat dikerjakan dimana saja bahkan diluar kantor sekalipun asal masih ada akses internet.

Power Point juga memiliki perubahan yang cukup besar. Karena teknologi-teknologi di atas, Power Point Semakin fleksibel dan bisa di explorasi lebih lagi. Tambahan-tambahan template dan animasi membuat fitur yang satu ini menjadi lebih powerfull. Tampilan Power Point juga bisa dirubah dari slide menjadi mode grid.

Perbedaan Mendasar Microsoft Office 2013 dengan 2010

• Office 2013 ke integrasiannya dengan layanan awan sangat bagus, 2010 belum memiliki ini.

• Office terbaru memiliki layanan berlangganan sehingga memungkinkan semua pengguna dapat tersingkronisasi dalam satu server Office 2010 belum bisa.

• Walau Office 2013 masih memperhitungkan penggunaan mouse, produk ini lebih ramah teknologi sentuhan. Office 2010 lebih kepada teknologi klik.

• Exel Office 2013 memiliki fitur multi monitoring 2010 tidak.

• PowerPoint pada Office 2013 memiliki kontrol yang jauh lebih baik dariapada 2010.

Bila Anda penasaran dan ingin testdrive Microsoft Office 2013 silahkan kunjungi official websidenya di sini. Dengan syarat harus memiliki akun Microsoft dan akses internet. Karena ujicoba ini membutuhkan akses internet yang cukup bagus agar lancar testdrive-nya. Beberpa fitur yang bisa Anda uji coba seperti Word, Exel, PowerPoint, One Note dan Out Lock. Selamat menikmati!




1 comment:

  1. Gan Ulasan MS.Lync2013-nya dunkz... :D

    ReplyDelete

silahkan meninggalkan komentar anda disini, terima kasih..