Thursday 3 January 2013

+ 10 Kiat Agar Kinerja Komputer Lebih Cepat




Apakah komputer Anda terasa sangat lambat? Jika iya, hal ini jelas saja menghambat produktivitas dalam bekerja, menyelesaikan tugas, dan berselancar di dunia maya.

Dalam menyambut tahun baru, tampaknya komputer lama juga harus kembali seperti 'baru' dalam performanya. Untuk mendapatkan performa tersebut, berikut ada tips dari Opera Software yang dapat mengembalikan 'kesegaran' komputer kami seperti semula:

1. Rapikan Desktop

Layar desktop yang penuh dengan file membuat hal-hal sulit ditemukan dan berantakan. Buatlah folder baru untuk file-file di desktop Anda dan juga folder khusus untuk file-file yang tidak sering di akses.

Ini akan membersihkan desktop Anda, sekaligus menyimpan file-file yang masih berguna sampai kamu mempunyai waktu untuk memilah-milah file tersebut.

2. Pindahkan File-File Besar ke Hard Drive Eksternal

Agar hard drive bawaan pada komputer kamu tidak terlalu disesakkan oleh file-file yang ada, ada baiknya Anda pindahkan ke hard drive eksternal.

Selain membuat hard disk bawaan bisa 'bernafas' lega, dari sisi keamanan juga akan lebih bermanfaat jika suatu saat komputer kamu mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Bersihkan Multimedia

Apakah kamu punya daftar film-film yang kamu sukai dan terus ditonton berkali-kali dalam file-file yang ada? Jika tidak, sudah saatnya buang saja film tersebut, dibandingkan harus dibenamkan berlama-lama di dalam komputer.

4. Pendukung untuk Browser

Dengan web browser teknologi kompresi Opera, Opera Turbo, kamu dapat memuat halaman web hingga lima kali lebih cepat dibandingkan dengan browser lainnya.

Jika kamu terjebak pada koneksi yang lambat, keluarlah dari area WiFi yang sibuk, gunakanlah kartu 3G atau laptop yang terhubung dengan telepon, dan aktifkan turbo mode untuk menjaga intensitas browsing yang tetap meningkat.

5. Rapihkan Email

Jika kamu tidak menyimpan sampah di dalam rumah, maka jangan pula disimpan dalam kotak inbox e-mail kamu. Untuk membuangnya, mulailah dengan e-mail yang sudah sangat lama dan yang sudah tidak relevan lagi saat ini. Jangan lupa coba cari di kotak inbox anda newsletter yang sudah usang yang secara rutin dikirimkan ke e-mail kamu.

6. Mengatur Disk

Disk fragmentasi adalah salah satu alasan paling umum yang menyebabkan kinerja lambat pada komputer. Pada windows, klik tombol start lalu ke All Programs > Accessories > System Tools pada versi windows yang lama.

Pada Windows 8, klik Search, masuk ke Defragment, lalu ke Settings > Defragment dan optimalkan drive komputer.

7. Hapus Program Autostart

Untuk memulai program yang hanya kamu inginkan, gunakan start menu pada Windows Vista dan ketik 'msconfig' untuk Windows 7. Buka program link msconfig.exe, di mana Anda dapat menambahkan program autostart.

Pada Windows 8, klik Ctrl + Shift + Esc untuk membuka task manager, pilih tab startup dan non-aktifkan item apapun yang kamu tidak ingin mulai secara otomatis. Pengguna Mac bisa pergi ke System Preferences > Users & Groups/Accounts > Login Items untuk menghapus program.

8. Scan Virus/ Malware

Jika kamu pengguna Opera, tambahkan WOT (Web Of Trust) dan ekstensi Ghostery. WOT menggunakan sistem lampu lalu lintas untuk menilai kepercayaan dari situs web yang Anda kunjungi, dan Ghostery mendeteksi pelacakan dan web bugs. Pertimbangkan juga untuk menjalankan perangkat lunak anti-virus dan pindai komputer kamu dari malware.

9. Bersihkan File Sementara

Dalam file download di komputer kamu atau folder file-file sementara, hapuslah file yang sudah tidak perlu lagi. Kamu juga dapat menghapus semua file-file sementara di browser.

Jika menggunakan Opera, cukup pilih delete private data (pilihan kedua di bawah 'tools') dan dia akan menunjukan apa yang harus dilakukan selanjutnya, termasuk cookies, browsing history atau keseluruhan cache. Pertimbangkan untuk menyimpan tab dan password kamu agar browsing bisa dilakukan dengan cepat.

10. Bersihkan Fisik Komputer

Gunakan pembersih yang tepat agar tampak seperti baru lagi. Jika kamu memiliki komputer lebih dari beberapa bulan, ini saatnya untuk membersihkan bagian dalam mesinnya.

Bukalah dan bersihkan debu di bagian interior menggunakan kaleng kompres udara dengan hati-hati, terutama pada bagian fan dan heat sink atas prosesor. Ingatlah untuk tidak menyentuh bagian interior.





0 comments:

Post a Comment

silahkan meninggalkan komentar anda disini, terima kasih..