Wednesday 4 September 2013

+ Resmi: Microsoft Akhirnya Beli Nokia Seharga Rp 78,7 Triliun!




Kemitraan antara Microsoft dan Nokia pertama kali dimulai sejak 2 tahun lalu, saat pertama kali Nokia memutuskan untuk beralih dari Symbian dan menggunakan sistem operasi Windows Phone. Hari ini kemitraan diantara keduanya tampaknya telah mencapai tingkat yang lebih lanjut karena Microsoft mengumumkan telah setuju untuk membeli divisi perangkat dan layanan Nokia termasuk brand Lumia.

Persetujuan akuisisi ini mengharuskan Microsoft mengeluarkan uang sekitar $5 miliar untuk membeli seluruh divisi perangkat dan layanan milik Nokia, serta tambahan $2,2 miliar untuk lisensi paten Nokia. Total $7,2 miliar atau Rp 79,7 triliun yang dibayarkan Microsoft kepada Nokia ini lebih murah dibandingkan saat Microsoft membeli Skype dengan harga mencapai $8.5 miliar atau sekitar Rp 93,3 triliun. Selain itu Microsoft juga dikabarkan akan membeli lisensi layanan peta milik Nokia.

Sebagai bagian dari akuisisi tersebut, CEO Nokia Stephen Elop turun dari jabatannya, dan akan memimpin divisi perangkat Microsoft yang bertanggung jawab terhadap produk Surfaces dan Xbox. Diperkirakan sebanyak 32.000 karyawan Nokia akan dipindahkan ke Microsoft, termasuk 18.300 orang di dalamnya yang terlibat langsung dengan produksi perangkat.




0 comments:

Post a Comment

silahkan meninggalkan komentar anda disini, terima kasih..