Wednesday 7 December 2011

+ Cara Menambahkan Google Map (Geolocation) Pada Website dan Blog




Website yang disertai dengan penambahan Map/ Peta Lokasi untuk usaha bisnis anda sangat bermanfaat untuk memudahkan pengunjung website mengetahui tempat usaha yang selama ini anda promosikan. Pemasangan google Map ( Peta Lokasi) tidak saja hanya sekedar pajangan agar terkesan interaktif akan tetapi dapat sebagai daya tarik pengunjung website anda bahwa bisnis yang anda jalani dan promosikan secara online tersebut benar benar mempunyai tempat keberadaan yang jelas dan dapat dipercara.

Untuk menambahkan Peta Lokasi menggunakan jasa layanan Google Map, ada beberapa langkah dalam menambahkan kode (embeded script ) ke dalam web page anda. Berikut dibawah ini adalah salah satu petunjuk yang praktis dan cepat yang bisa anda lakukan.

1: Sign IN untuk masuk di google map ( klik disini)

2. Setelah masuk, Klik My Map kemudian Get Started

google map

3. Kolom Isian Inforasi untuk Google map anda yang baru akan dimunculkan.
Setelah selesai klik SAVE
Disarankan jangan mengklik DONE terlebih dahulu, tujuannya agar pertanda pembuat Maker untuk Icon tetap terlihat.

Google map

4. Mencari Letak Lokasi
Untuk memudahkan anda dalam menandai letak lokasi /denah tempat keberadaan anda di google map nantinya, dapat menggunakan fasilitas Search Map.
Masukan Alamat lengkap/Address, Kota/City, Province/State dan Negara /Country. Lanjutkan dengan mengklik Search map. maka jika ditemukan denah akan ditampilkan sesuai dengan keadaan yang terdekat dengan tempat anda.
Google map

5. Mengisi Pertanda Lokasi
Setelah anda dapat melihat Denah/ Lokasi yang cocok dengan tempat anda, pada Tempat tersebut dimana kursor berada pilihlah tanda Pembuat Icon (marker) google pada pojok atas kanan (klik gambar dibawah untuk perbesar).
Arahkan tanda tersebut ke tempat yang anda inginkan. Saat selesai menandai POPUP untuk pengisian Informasi tentang tanda icon akan dimunculkan. Kotak isian dapat diisikan sebagai Judul dan Keterangan Lokasi yang anda buat.  Klik OK jika sudah selesai.
Map google

6. Selesai Klik tombol "DONE" pada kolom kiri atas.
Map cmsplaza

7. Menyalin LINK Google Map
Langkah terakhir adalah menyalin (copy) link dari Map yang anda buat guna ditempatkan di halaman website anda.
Copy and Paste Google code map





0 comments:

Post a Comment

silahkan meninggalkan komentar anda disini, terima kasih..