Friday 27 January 2012

+ Nokia makin terpuruk, Merugi 1 Miliar Euro di 2011




Nokia baru saja mengumumkan laporan keuangannya di kuartal keempat tahun 2011 lalu. Dari laporan tersebut diketahui bahwa Nokia mencatat kerugian sebesar 954 juta euro di triwulan terakhir tersebut sehingga jumlah total kerugiannya selama tahun 2011 mencapai 1,07 miliar euro, turun 43% dibandingkan tahun sebelumnya.

Penjualan perangkat Nokia secara total turun 29% dibanding tahun sebelumnya, dengan pengiriman perangkat cerdas turun dari 28,6 juta unit menjadi 19,6 juta unit. Penurunan ini tetap terjadi meskipun Nokia melaporkan telah mampu menjual lebih dari 1 juta unit smartphone berbasis Windows Phone hingga saat ini. Keuntungan penjualan smartphone Nokia juga turun dari 28,7% menjadi 19,9%.

Meski merugi, namun Stephen Elop sebagai CEO Nokia tetap optimis. Pihaknya akan terus mendorong penjualan, pemasaran, dan terus memperkenalkan produk baru yang dibutuhkan untuk menjadi sukses. Pihak Nokia juga berencana untuk menjual seri Lumia lebih luas termasuk ke China dan Amerika Latin yang dijadwalkan pada paruh pertama tahun 2012 ini.



Sementara itu perangkat Symbian juga menghadapi masalah karena mulai ditinggalkan di pasar-pasar negara berkembang. Menurut Elop, di beberapa tempat telah muncul tren untuk membeli smartphone murah dengan spesifikasi yang berbeda dari spesifikasi yang ditawarkan Symbian.

Elop juga mengatakan sedang bersiap untuk kembali bersaing di pasar dengan memasarkan Lumia 900. Smartphone yang diumumkan awal bulan Januari ini akan dijual dengan harga $99.99 jika mengikat kontrak dengan operator At&T di Amerika Serikat.




0 comments:

Post a Comment

silahkan meninggalkan komentar anda disini, terima kasih..