Tuesday 30 October 2012

+ Inilah Beberapa Fitur Baru di Windows Phone 8




Dalam acara developer preview untuk Windows Phone 8 yang lalu, ada beberapa fitur baru yang belum diumumkan. Selama acara tersebut, Microsoft memberikan detil-detil fitur penting seperti Shared Core antara WP8 dan Windows 8, integrasi Skype yang lebih dalam, screenshot, Wallet Hub, opsi untuk mengubah ukuran LiveTile di homescreen, juga perbaikan di Nokia Maps. Inilah fitur-fitur baru yang diumumkan Microsoft.

People Hub Rooms
Fitur ini bisa dibilang fitur unggulan WP8. Integrasi berbagai jejaring sosial di WP sebelumnya yakni People Hub cukup fantastik dan merupakan cara yang keren untuk memisahkan grup-grup yang berbeda pada daftar kontak Anda. Kini agar bisa terhubung dengan rekan-rekan Anda melalui Facebook, Twitter, LinkedIn atau Windows Live, Microsoft menambahkan fitur Rooms.

Rooms pada dasarnya memungkinkan Anda berinteraksi dengan grup-grup yang Anda susun di People Hub seperti pada Groups di Facebook, Circles di Google+, atau mungkin lebih mirip dengan fitur Grup di BlackBerry Messenger, namun memiliki beberapa fitur ekstra. Rooms memberikan Anda sebuah ruang personal dimana sekelompok orang bisa chatting, membagi foto, menyusun acara dan sebagainya. Namun, seperti BBM, tentunya ini tergantung berapa banyak pengguna WP lainnya di daftar kontak Anda.

DataSense
DataSense adalah fitur yang kelihatannya mirip dengan Data Usage di Android 4.0 ICS, namun Microsoft menambahkan sedikit fitur baru. Selain memonitor penggunaan data di tiap aplikasi dan memberitahu Anda kala penggunaan data akan mendekati batas kuota, DataSense akan mengkompresi website untuk menolong Anda hemat bandwidth. Mirip Opera Turbo, namun Microsoft tidak menekankan fitur ini untuk kecepatan, namun untuk memotong penggunaan data dari browsing sebanyak 45 persen.

Kids' Corner
Fitur kontrol orangtua mungkin belum banyak dipikirkan di ranah mobile. Google pada dasarnya tidak melakukan apa-apa untuk hal ini kecuali Anda bisa mengatur batas-batas konten yang bisa dilihat di PlayStore. Apple punya Parental Control jadi Anda bisa mengunci sebuah perangkat yang akan digunakan oleh bocah. Namun Microsoft memilih pendekatan berbeda. Dengan fitur Kid's Corner, Anda bisa mengunci perangkat Anda menggunakan password, namun anak Anda bisa menggeser layar ke Kid's Corner, dimana Anda bisa mengkostumisasi aplikasi mana saja yang boleh diakses si bocah, termasuk konten game, video dan musik.

Jika ada pesan masuk saat mode Kid's Corner, pesan akan disembunyikan, namun kalau ada panggilan masuk, ponsel tetap berbunyi. Yang cukup menarik, fitur ini memang disebut Kid's Corner, namun dalam prakteknya Anda bisa menggunakannya untuk teman Anda, seperti Guest Mode pada PC, jadi Anda tidak usah khawatir data dan konten pribadi Anda terlihat oleh orang yang meminjam ponsel Anda.

Xbox Music
Seperti fitur layanan Zune lama, Xbox Music memungkinkan pembelian music dan streaming music tak terbatas. Pada intinya mirip dengan Google Music, Anda bisa membeli lagu dan mengaksesnya di perangkat Windows apapun. Untuk Xbox sendiri ada fitur Smart Glass, yang ada di tablet Surface dan bahkan di perangkat Android. SmartGlass memungkinkan Anda mengontrol Xbox 360 dari ponsel Anda, seperti navigasi, kontrol media, pencarian konten di store, dan kedepannya mungkin Anda bisa main game Xbox langsung diponsel sebagai layar kedua.

Kamera
Seperti Hub lainnya di perangkat WP, Kamera juga punya Camera Hub, memungkinkan aplikasi lain (pihak ketiga) dapat masuk dan menambahkan fungsionalitas milik aplikasi Kamera bawaan WP8. Jadi jika Anda punya aplikasi yang bisa menambahkan filter (Microsoft menyebutnya Lenses) ke foto, Anda bisa memilih aplikasi tersebut dan melihat filter secara langsung sebelum mengambil gambar atau sebaliknya.




0 comments:

Post a Comment

silahkan meninggalkan komentar anda disini, terima kasih..