Thursday 29 November 2012

+ Windows Blue, Sistem Operasi dari Microsoft Selanjutnya setelah Windows 8.




Berdasarkan informasi dari The Next Web yang berasal dari beberapa sumber yang dekat dengan Microsoft, saat ini pihak Microsoft sedang sibuk untuk menyiapkan sistem klien Windows generasi baru. Perusahaan dari Redmond tersebut disebut sedang merencanakan untuk membuat standar dari sebuah pendekatan yang diberi nama Blue, yang ditujukan untuk memberikan update lebih reguler kepada konsumen Windows dan Windows Phone.

Update ini direncanakan meluncur pada pertangahan 2013 dan akan meliputi perubahan pada semua platform termasuk harganya. Microsoft bermaksud untuk membuat Windows Blue sebagai sistem operasi mendatang yang dipasang setiap orang. Untuk itu Microsoft akan merilis Windows berikutnya dengan harga murah atau gratis agar pengguna melakukan upgrade. Setelah Windows Blue dirilis, Windows SDK akan diperbarui untuk mendukung rilis baru tersebut dan Microsoft tak lagi menerima aplikasi khusus untuk Windows 8 dan mendorong pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi bagi Blue. Meski SDK berubah namun aplikasi Windows 8 akan tetap berjalan pada Blue.

Untuk memakai Windows Blue, seseorang harus memiliki OS Windows asli. Aplikasi di dalam Windows dan yang dipasang dari Windows Store akan berhenti berfungsi jika ditemukan adanya pembajakan. Sumber tersebut juga mengatakan bahwa Microsoft kemungkinan tetap akan memakai nama Windows 8 di masa-masa mendatang meskipun ada update Windows Blue. Salah satu bagian besar dari Windows Blue adalah upaya untuk memberikan update tahunan kepada sistem operasi buatan Microsoft yang dimaksudkan untuk membuatnya lebih bisa bersaing dengan platform lain seperti dari Apple dan Google.

Apple selama ini merilis sistem operasi iOS secara rutin setahun sekali. Sementara itu Google mengembangkan sistem operasi Android yang diperbarui secara rutin dalam jangka waktu beberapa bulan. Berbeda dengan Microsoft, kedua sistem operasi dari Apple dan Google tersedia secara gratis namun dibarengi dengan penjualan perangkat baru.

Apakah ini berarti Microsoft akan bergerak masuk ke ranah perangkat keras seperti yang dilakukan Google saat ini?



0 comments:

Post a Comment

silahkan meninggalkan komentar anda disini, terima kasih..