Friday 7 December 2012

+ Perbandingan Kelebihan Android Jelly Bean 4.2 VS Apple iOS 6




Tak dapat dipungkiri lagi kalau saat ini persaingan sistem operasi mobile dikuasai oleh duo iOS 6 milik Apple dan Android Jelly Bean. Meski secara umum persaingan ketat tersebut dimenangkan oleh Android karena tingkat penjualannya yang melebihi perangkat berbasis sistem operasi lain, namun secara fitur jelas masih dapat diperdebatkan.



Maka dari itu Paseban kali ini akan membandingkan sistem operasi kelebihan iOS 6 dan kelebihan Android Jelly Bean dari berbagai aspek. Berikut ulasannya.

Tampilan Antar Muka (User Interface)


Dari segi UI, baik iOS 6 dan Android Jelly Bean terlihat sama-sama keren dan menarik. iOS 6 pada iPhone dan iPad menawarkan menu yang terorganisir dengan baik namun juga sangat intuitif. Bahkan pengguna perangkat berbasis iOS 6 dapat melakukan kustomisasi pada tampilan dengan sangat cepat. Di sisi lain, Jelly Bean menawarkan kustomisasi yang lebih beragam dan tinggi. Para pengguna Android juga dapat mengkustomisasi sendiri tampilan antar muka mereka. Jadi dari segi interface, Jelly Bean patut menjadi pemenang perbandingan ini.

Fitur Maps

Sudah bukan rahasia lagi kalau fitur Apple Maps pada iOS 6 sangatlah buruk dengan error dan bug bertebaran dimana-mana. Bahkan Apple sendiri telah menyatakan permintaan maafnya mengenai Apple Maps mereka. Disisi lain, Google Maps yang diusung Android Jelly Bean sudah tidak perlu lagi diragukan kualitasnya. Lagi-lagi Jelly Bean menang di aspek ini.

Fitur Virtual Assistant

iOS 6 mengusung Siri sementara Android Jelly Bean mengusung Android Voice Search. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing namun Siri dirasa jauh lebih ‘manusiawi’ dibandingkan Voice Search milik Google. Alasannya sederhana Siri dapat ‘diajak mengobrol’ layaknya manusia sementara Android Voice Search hanya mampu menampilkan hasil pencarian yang telah diinput melalui perintah suara. Meski demikian, keduanya masih sama-sama memiliki bug dan kelemahan sehingga terkadang tidak merespon perintah suara pengguna dengan sempurna.

Integrasi Sosial Media

Android Jelly Bean memang sudah memiliki fitur sosial media yang terintegrasi, termasuk untuk akun Twitter dan Facebook. Namun sayangnya Apple dengan iOS 6 masih lebih baik dalam hal ini dikarenakan pengguna bahkan dapat mengupdate status Facebook mereka atau menulis Tweet terbaru tanpa harus membuka aplikasi Twitter maupun Facebook. Skor sama kuat sekarang.

Kecepatan Proses

Dari segi kecepatan memroses aplikasi, sudah cukup lama sistem operasi Android kalah jauh dibandingkan iOS. Sudah cukup banyak ditemui kasus dimana pengoperasian Android mengalami lag sementara iOS lancer sempurna meski didukung dengan tingkat spesifikasi hardware yang sama.

Namun Android Jelly Bean berbeda. Banyak kritikus yang tadinya sering mengkritik masalah lag pada Android kini malah memuji balik sistem operasi terbaru Google tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk kecepatan proses, keduanya cukup berimbang

Browser

Perbandingan browser Safari pada platform iOS 6 dengan Google Chrome pada Android Jelly Bean juga cukup berimbang. Keduanya memiliki kecepatan dan fitur yang kurang lebih sama. Sayangnya, jika dibandingkan dengan banyak browser pihak ketiga lain seperti Dolphin, Opera Mini, ataupun Fennec, kedua browser bawaan sistem operasi tersebut masih dapat dikalahkan dari segi fungsionalitas dan fitur tambahan.

Ketersediaan Perangkat

Aspek terakhir inilah yang selama ini dielu-elukan oleh para pengguna Android. Ya, Android yang merupakan sistem operasi open source dapat digunakan oleh banyak perangkat, bahkan perangkat besutan vendor kecil sekalipun. Sebaliknya, iOS hanya dibuat ekslusif untuk perangkat besutan Apple. Membandingkan puluhan perangkat berbeda yang menjalankan Android Jelly Bean dengan satu perangkat yang dapat menjalankan iOS 6 tentu saja kurang adil karena spesifikasi yang berbeda satu dengan lainnya.

Namun di sisi lain perbandingan ketersediaan perangkat ini menunjukan bahwa pengguna iOS 6 dapat berbesar hati mengingat mereka sudah bergabung dalam ‘klub ekslusif’ Apple. Sebaliknya, pengguna Android Jelly Bean juga dapat berbangga karena di saat mereka bosan dengan satu perangkat, mereka dapat menggantinya dengan perangkat berbasis Jelly Bean lain dengan mudah karena banyaknya pilihan.

Jadi, sistem operasi mana yang menjadi pemenang dalam perbandingan kali ini? Well, semuanya kembali ke calon pengguna karena memang iOS 6 dan Android Jelly Bean
memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing




0 comments:

Post a Comment

silahkan meninggalkan komentar anda disini, terima kasih..