Tuesday 11 December 2012

+ Tips Membeli Kamera DSLR Bekas yang Berkualitas




Kamera Digital SLR ( Single Lens Reflect ) telah menjadi kebutuhan bagi para pencinta fotografi. Banyak komunitas – komunitas fotografi dan banyak pula orang yang baru mulai belajar dan berkecimpung di dunia fotografi. Bagi Anda yang mempunyai hobi fotografi atau mau mencoba untuk belajar di dunia fotografi, Anda membutuhkan Kamera tentunya, dan kamera DSLR ini merupakan jenis kamera yang banyak dipakai oleh penikmat fotografi.

Untuk memulainya, Anda harus membeli kamera DSLR, membeli Kamera DSLR tidak harus baru. Anda bisa membeli kamera bekas yang masih bagus, banyak orang yang menjual kamera bekas pakai hanya karena ingin membeli kamera tipe baru dan bukan karena kamera tersebut rusak, namun Anda tetap harus teliti dalam memilih kamera DSLR bekas tersebut.


Kali ini teknoapp akan membahas dan memberikan tips untuk Anda yang ingin membeli kamera bekas, berikut tips membeli kamera bekas yang berkualitas.

Banyak mencari informasi
Tips membeli kamera bekas berkualitas pertama yaitu Anda harus mencari Informasi mengenai kamera sebanyak – banyaknya. Dengan melakukan pencarian informasi melalui internet, Anda dapat mengenal jenis Kamera yang Anda inginkan. Semakin sering Anda mencari informasi tentang jenis Kamera yang akan Anda beli, maka Anda akan semakin banyak mendapatkan pengetahuan dari Kamera tersebut dan mendapatkan informasi mengenai harga, kondisi, maupun jenis – jenis lain yang sekelas.

Waspada Penipuan
Tips membeli kamera bekas berkualitas selanjutnya yaitu Anda harus berhati – hati dengan penipuan. Waspadalah jika Anda hendak membeli dan bertransaksi secara online. Maraknya penipuan yang terjadi tidak hanya di dunia nyata, dunia maya pun sangat rawan dalam hal penipuan khususnya dalam hal perdagangan. Walaupun terlihat sangat mudah dalam bertransaksi di dunia maya, Anda tetap harus teliti dengan apa yang akan Anda lakukan. Banyak cara untuk menghindari penipuan dunia maya tersebut, sebisa mungkin, hindari mentrasfer uang untuk proses pembelian, disarankan membeli dengan cara COD atau Cash on Delivery, karena kita bisa langsung melihat kondisi Kamera yang ditawarkan dan tidak akan tertipu.

Membandingkan Kamera
Tips membeli kamera bekas berkualitas selanjutnya yaitu Anda harus banyak membandingkan Kamera yang hendak Anda beli dengan Kamera merk lain. Kamera DSLR memang cenderung untuk pemakaian fotografer profesional. Ada beberapa merk Kamera DSLR yang memang sudah menjadi favorit setiap fotografer dan pemakai kamera untuk kebutuhan fotografi. Setelah Anda mendapatkan informasi yang lengkap, mulailah membandingkan Kamera incaran Anda dengan merek lain namun yang setara kelasnya. Anda selanjutnya bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan antar Kamera.

Teliti dalam memeriksa kondisi kamera
Tips membeli kamera bekas berkualitas selanjutnya adalah Anda harus benar\–benar teliti dalam memeriksa kondisi Kamera yang hendak Anda beli, terutama pada bagian body nya. Anda dapat mengenal seberapa baik penggunaan suatu Kamera dari body kamera tersebut.
Periksalah dengan teliti apakah terdapat cacat pada body nya, jika body dalam kondisi cacat dan bekas terbentur atau jatuh, aktifkan kamera dan teliti lagi apakah Kamera tersebut normal atau tidak, periksa fungsi–fungsi yang ada seperti autofocus, apakah berfungsi secara normal atau tidak.
Perhatikan pula pada View Finder pada kamera, periksalah apakah ada debu micron atau jamur, hal ini bisa mempengaruhi hasil foto yang di dapat. Setelah itu Anda bisa memeriksa bagian Shutter nya dalam kecepatan yang berbeda–beda, dari cepat sampai lambat, melalui pengecekan ini Anda dapat terhindar dari membeli kamera yang kualitasnya tidak bagus lagi.

Teliti Lensa Kamera
Tips membeli kamera bekas berkualitas selanjutnya yaitu terletak pada Lensa kamera, merupakan bagian terpenting dari suatu kamera tentunya. Anda dapat melepas lensa dan melihat bagian dalam Kamera dari arah depan. Periksalah apakah terdapat goresan atau retak pada kaca didalam lensa, apakah fungsi buka dan tutup berjalan normal dalam setiap proses pemotretan. Periksajuga bagian atas kaca, Anda dapat mengetahui kondisi Focusing Screen nya apakah masih baik dan tidak ada goresan atau buruk. Terakhir Anda bisa meneliti bagian body lensa, pastikan Focus Ring manual bisa digeser dengan lancar.

Kompartemen Baterai
Tips membeli kamera bekas berkualitas selanjutnya yaitu dalam hal Baterai. Anda bisa memeriksa baterai nya dan tempat baterai untuk meyakinkan tidak terdapat kerusakan pada tempatnya.

Garansi
Tips membeli kamera bekas berkualitas selanjutnya yaitu periksalah garansi yang ada pada Kamera yang hendak Anda beli, Apakah masih lengkap atau tidak. Biasanya kamera yang sudah pernah diklaim untuk garansi merupakan Kamera yang sudah pernah rusak atau mengalami masalah.



0 comments:

Post a Comment

silahkan meninggalkan komentar anda disini, terima kasih..